Asuransi Jiwa

Perkembangan asuransi di Indonesia bisa dibilang cukup baik, di mana saat ini Anda bisa menemukan berbagai jenis asuransi dan juga manfaatnya yang tentu dapat Anda sesuaikan dengan berbagai macam keperluan asuransi yang Anda inginkan. Hal ini akan membantu Anda untuk bisa mendapatkan layanan asuransi yang paling tepat dan berguna maksimal di dalam kehidupan.

Asuransi jiwa adalah sebuah layanan asuransi yang digunakan sebagai bentuk perlindungan terhadap timbulnya kerugian finansial atau hilangnya pendapatan seseorang atau keluarga akibat adanya kematian anggota keluarga (tertanggung) yang biasanya menjadi sumber nafkah bagi keluarga tersebut. Hal ini dimaksudkan sebagai bentuk antisipasi bagi keluarga yang ditinggalkan, di mana mereka membutuhkan dukungan finansial akibat adanya kematian tersebut yang tentu saja bisa mengakibatkan keluarga menjadi kehilangan pendapatan dan mengalami kesulitan ekonomi selama bertahun-tahun ke depan.

Memiliki asuransi jiwa merupakan sebuah pilihan yang cerdas, di mana Anda bisa mendapatkan banyak manfaat positif dari hal tersebut.

Berikut beberapa dari manfaat dari asuransi jiwa:

1. Menentramkan Pikiran

Sebagaimana disebutkan di atas, bahwa kehilangan akibat kematian tidak hanya akan meninggalkan duka saja bagi keluarga yang ditinggalkan, namun hal tersebut juga bisa membawa dampak yang sangat buruk di dalam keuangan keluarga tersebut akibat hilangnya penghasilan. Risiko ini tentu bisa dihindari dengan membeli polis asuransi, di mana kehidupan keluarga masih bisa tetap berjalan dan keuangan pasca menghadapi kematian anggota keluarga masih dalam kondisi yang aman.

2. Menjamin Pendidikan Anak

Hal ini akan sangat membantu jika ternyata Anda telah memiliki tanggungan (anak) yang masih menempuh pendidikan, terutama mereka yang dalam usia kanak-kanak, di mana jalur tempuh pendidikan yang harus mereka jalani masih sangat jauh dan membutuhkan banyak biaya untuk melanjutkannya. Anda tentu tidak ingin anak-anak yang Anda tinggalkan berhenti sekolah dan berhenti bercita-cita yang tinggi bukan?

3. Menabung

Asuransi juga bisa Anda gunakan sebagai bentuk tabungan dan antisipasi bagi hal buruk yang bisa saja datang sewaktu-waktu menimpa diri Anda dan keluarga.

Pada dasarnya orang-orang yang memiliki asuransi jiwa adalah mereka yang peduli dan ingin melindungi dan memberikan jaminan keuangan bagi keluarga mereka pada saat mereka telah meninggal dunia. Hal ini dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab dan rasa sayang terhadap keluarga, di mana bisa saja sewaktu-waktu Anda mengalami pergi meninggalkan mereka untuk selama-lamanya.

Setiap orang tentu memiliki pertimbangan khusus mengenai waktu yang paling tepat untuk memiliki asuransi jiwa. Sebagian besar orang akan membeli sebuah asuransi ketika mereka menikah dan memulai sebuah keluarga yang baru, namun beberapa orang lainnya juga banyak yang telah memiliki asuransi jiwa sejak mereka masih lajang dan belum berumah tangga. Jika bertanya mengenai kapan waktu yang paling tepat untuk memiliki sebuah asuransi jiwa, maka hal ini harus sudah Anda miliki pada saat Anda memiliki tanggungan di dalam hidup Anda. Dengan begitu, mereka yang menjadi tanggungan Anda tidak akan mengalami kesulitan keuangan jika sewaktu-waktu Anda meninggal dunia.

Dengan begitu, bisa dikatakan bahwa yang paling membutuhkan asuransi jiwa adalah mereka yang memiliki tanggungan di dalam hidupnya. Yang dimaksud dengan tanggungan di dalam hal ini adalah mereka yang menjadi tanggung jawab Anda dan pada dasarnya tidak memiliki sejumlah penghasilan di dalam hidup mereka sehingga Anda bertindak sebagai pencari nafkah atau tulang punggung di tengah-tengah mereka. Ini bisa mengacu kepada anak-anak Anda, orang tua ataupun saudara dan kerabat lainnya yang menguntungkan hidupnya kepada Anda.

Berbagi via:

Vinnet.id Feed Xml FibNet Acc id PuVg ® Vnet Indonesia 2018-2020