Asuransi Kredit

Asuransi Kredit adalah sebuah perlindungan atau proteksi terhadap Bank atau lembaga keuangan lainnya untuk mengantisipasi resiko yang terjadi seperti kredit macet, debitur meninggal, atau ketidakmampuan debitur membayar dan melunasi kredit, seperti kredit modal kerja, kredit perdagaangan yang diberikan oleh bank atau lembaga pembiayaan.

Asuransi kredit sangat penting sebagai proteksi kemungkinan yang akan terjadi dimasa depan, karena dimasa yang akan datang orang tidak akan mampu memprediksi suatu keadaan baik financial atau kesehatan, jika tidak berfikir kedepan maka penyesalan mungkin anak datang.

Manfaat Asuransi Kredit

1. Memberikan rasa aman
2. Melindungi aset yang dijaminkan
3. Menjaga keluarga dari warisan utang
4. Menjadi tabungan untuk nasabah
5. Memperbesar akses Umkm terhadap sumber pembiayaan Mengurangi risiko yang dihadapi Bank atas pemberian  kredit  kepada Umkm

Jenis Asuransi Kredit Bank

  1 Penjaminan Kredit Menengah
  2 Penjaminan Kredit Kecil

Pengguna Jasa Asuransi Kredit

 1 Bank Pemerintah/Swasta Nasional termasuk BPR/PT. Asuransi Kredit Indonesia.
 2 Bank Pembangunan Daerah
 3 Bank Syariah Lembaga Keuangan non Bank (Pegadaian)

Contohnya mengajukan asuransi kredit mengambil pinjaman dengan pembiayaan sebesar 100 Juta dengan tenor 2 tahun, pada tengah - tengah pembayaran terjadi sesuatu yang tidak diinginkan misalnya nasabah meninggal maka sisa yang belum dibayarkan akan tercover oleh asuransi kredit dengan mengajukan persyaratan sesuai yang ditentukan, asuransi tersebut dapat di claim untuk melunasi kredit yang tersisa. Andai tidak tercover akan diwariskan kepada ahli waris yaitu anak, anak akan menanggung semua kredit yang timbul, maka jika anda benar - benar sayang kepada anak anda protek kredit atau pembiayaan untuk melindungi mereka dari hutang.

Berbagi via:

Vinnet.id Feed Xml FibNet Acc id PuVg ® Vnet Indonesia 2018-2020