Asuransi Umum

Asuransi umum atau general insurance merupakan proteksi terhadap resiko atas kerugian maupun kehilangan manfaat dan tanggung jawab hukum pada pihak ketiga. Jaminan asuransi umum ini sifatnya jangka pendek (biasanya sekitar satu tahun). 

Asuransi umum dapat diklasifikasikan menjadi beberapa jenis, sebagai berikut:

Social Insurance (Jaminan Sosial)

Jaminan sosial adalah salah satu bentuk perlindungan sosial untuk menjamin seluruh rakyat agar dapat memenuhi kebutuhan dasar hidupnya yang layak. Sistem Jaminan sosial yang diberlakukan di Indonesia adalah Sistem Jaminan Sosial Nasional. Sistem Jaminan Sosial Nasional diselenggarakan berdasarkan asas kemanusiaan, asas manfaat, dan asas keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Sistem Jaminan Sosial Nasional bertujuan untuk memberikan jaminan terpenuhinya kebutuhan dasar hidup yang layak bagi setiap peserta dan/atau anggota keluarganya.

Jenis asuransi ini merupakan asuransi yang wajib dimiliki oleh setiap orang atau penduduk dengan tujuan setiap orang memiliki jaminan hari tua. Pembayaran premi dilakukan dengan paksa, salah satu contohnya dengan memotong gaji seseorang setiap bulan. Di negara Indonesia jaminan sosial diatur sesuai dengan UU No.40 tahun 2004 tentang SJSN.

Jenis program jaminan sosial sesuai dengan UU No.40 tahun 2004 tentang SJSN meliputi:
  1. Jaminan kesehatan
  2. Jaminan kecelakaan kerja
  3. Jaminan hari tua
  4. Jaminan pensiun, dan
  5. Jaminan kematian.

Voluntary Insurance (Asuransi Sukarela)

Asuransi sukarela adalah suatu perjanjian asuransi yang terjadinya didasarkan kehendak bebas dari pihak-pihak yang mengadakannya. Dalam arti tidak ada paksaan atau pengaruh dari luaruntuk mengadakan perjanjian murni dari dalam diri orang itu sendiri.. Contoh asuransi kebakaran, asuransi jiwa, asuransi pengangkutan, asuransi kecelakaan, dan lain -lain.
Asuransi Sukarela yaitu asuransi yang dilakukan secara sukarela oleh pihak tertanggung, tidakada keharusan  untuk mengikuti  asuransi  ini. Bentuk ini  dijalankan  secara  sukarela.

(voluntary), jadi tidak dengan paksaan seperti jaminan social. Jadi setiap orang bisa mempunyai atau tidak mempunyai asuransi sukarela ini.

Asuransi sukarela, dalam asuransi ini tidak ada paksaan bagi siapapun untuk menjadi anggota/pembeli. Jadi setiap orang bebas memilih menjadi anggota atau tidak dari jenisasuransi ini. Jenis asuransi ini biasanya diselenggarakan oleh pihak swasta, tetapi ada jugayang diselenggarakan oleh pemerintah.

Jenis Asuransi Sukarela Asuransi sukarela dapat dibagi dalam dua jenis yaitu :

  1. Government Insurance, yaitu asuranci yang dijalankan oleh Pemerintah atau Negara, misalnya : jaminan yang diberikan kepada prajurit yang cacat sewaktu peperangan.
  2. Commercial Insurance, yakni asuransi yang bertujuan untuk melindungi seseorang atau keluarga serta perusahaan dari resiko-resiko yang bias mendatangkan kerugian. Tujuan perusahaan asuransi di sini ialah, komersial dan dengan motif keuntungan (profit motive).

Commercial Insurance dapat digolongkan lagi sebagai berikut :

1. Asuransi Jiwa (Personal Life Insurance) Asuransi ini bertujuan untuk memberikan jaminan kepada seseorang atau keluarga yang disebabkan oleh kematian, kecelakaan, serta sakit. Contoh Perusahaan Asuransi Jiwa yang ada di Indonesia :

  • PT. Asuransi Jiwa Raya
  • Asuransi Jiwa Dharma Nasional
  • Asuransi Jiwa Bumi Putera 1912

2. Asuransi Kerugian (Property Insurance) Bentuk ini sama dengan Asuransi Umum di Indonesia, bertujuan memberikan jaminan kerugian yang disebabkan oleh kebakaran, pencurian, asuransilaut, dan lain-lain. Contohnya :

  • PT. Asuransi Umum Indonesia
  • PT. Asuransi Kerugian
Berbagi via:

Vinnet.id Feed Xml FibNet Acc id PuVg ® Vnet Indonesia 2018-2020