Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan adalah asuransi perlindungan yang diperlukan saat traveler penerbangan domestik dalam negeri atau saat penerbangan internasioal ke luar negeri sebagai perlindungan risiko selama perjalanan pesawat terbang. Asuransi perjalanan untuk traveler saat liburan sangat penting. Asuransi perjalanan bermanfaat untuk melindungi nasabah Anda selama melakukan perjalanan domestik maupun internasional, baik untuk hal keperluan bisnis maupun saat berliburan, sepanjang tahun. 

Produk asuransi ini dapat berlaku untuk nasabah perorangan beserta pasangan dan ataupun keluarga. Tentu saja saat liburan/dalam perjalanan harus tenang, tidak boleh merasa was-was andai terjadinya risiko kecelakaan yang tidak terduga.

Beberapa Jenis Asuransi Perjalanan

1. Asuransi Perjalanan Berdasarkan Jangka Waktu

Jika berdasarkan jangka waktu, jenis asuransi perjalanan dibagi menjadi dua yaitu asuransi tahunan atau annual travel insurance dan asuransi perjalanan sekali atau single trip insurance. Perbedaan mendasar dari jenis asuransi ini adalah dari banyaknya perjalanan yang ingin anda lakukan.

Jika anda berkeinginan untuk melakukan beberapa kali perjalanan saja dalam satu tahun, maka akan lebih baik memilih single trip insurance. Tetapi jika dalam satu tahun, anda akan melakukan banyak perjalanan entah itu berlibur maupun dinas maka pilihan yang terbaik adalah annual travel insurance

2. Asuransi Perjalanan Berdasarkan Tujuan Perjalanan

Berdasarkan tujuan perjalanan, asuransi ini terbagi menjadi dua pilihan yaitu asuransi perjalanan bisnis dan asuransi perjalanan wisata. Asuransi perjalanan bisnis biasanya digunakan untuk anda yang sering bepergian dengan alasan pekerjaan atau bisnis. Sedangkan asuransi perjalanan wisata biasanya digunakan untuk perjalanan yang bertujuan untuk wisata atau travelling.

Kedua jenis asuransi ini memang sudah terlihat berbeda satu sama lainnya, bahkan pada manfaatnya sekalipun. Biasanya asuransi perjalanan bisnis ini memberikan perlindungan kepada barang-barang pribadi. Tak hanya itu saja, asuransi bisnis juga akan memberi penggantian dengan nilai yang lebih besar kepada barang-barang pribadi yang cukup penting dan berkaitan dengan pekerjaan.

3. Asuransi Perjalanan Berdasarkan Jumlah Yang Tertanggung

Jenis asuransi perjalanan lainnya berdasarkan pada jumlah yang tertanggung, yaitu asuransi perjalanan individu dan asuransi perjalanan kelompok. Perbedaan dari kedua jenis asuransi perjalanan ini terletak pada banyaknya orang yang diasuransikan dalam perjalanna. Andai anda akan melakukan perjalanan seorang diri, maka asuransi perjalanan terbaik yang dipilih adalah individual travel insurance.

Sedangkan group travel insurance akan lebih tepat saat perjalanan tersebut dilakukan satu perusahaan yang akan memberangkatkan pegawainya pergi bersama. Ataupun pihak sekolah yang ingin memberangkatkan muridnya untuk berlibur bersama, akan sangat cocok menggunakan asuransi ini. Jenis asuransi perjalanan grup ini juga dapat digunakan jika anda ingin bepergian bersama keluarga.

4. Asuransi Perjalanan Berdasarkan Tempat Tujuan

Yang dimaksud dengan jenis asuransi perjalanan ini adalah berdasarkan pada tempat tujuan perjalanan anda, entah itu perjalanan domestik ataupun perjalanan internasional. Hal ini akan sangat berpengaruh dari biaya premi yang akan anda bayarkan, karena kedua jenis asuransi ini berbeda satu sama lainnya. Pada umumnya, biaya asuransi perjalanan internasional memiliki biaya premi yang lebih mahal jika dibandingkan dengan perjalanan domestik.

Hal ini dikarenakan biaya premi yang dibebankan akan menyesuaikan kurs dari negara yang akan dikunjungi. Meskipun akan menanggung segala resiko selama perjalanan, asuransi perjalanan tidak akan menanggung atau mengganti jika terjadi resiko saat perjalanan dengan kondisi seperti berikut:

  • Resiko kecelakaan atau sakit yang diakibatkan karena pengaruh alkohol, obat-obatan, dan sejenisnya. Hal ini dianggap sebuah kesalahan pribadi, sehingga tidak akan ditanggung oleh pihak asuransi.
  • Kecelakaan yang terjadi secara sengaja. Yang dimaksud sengaja disini adalah kecelakaan yang dimaksudkan untuk mendapatkan asuransi.
  • Kondisi force majeure, kondisi ini merupakan kondisi yang mana diluar dari kemampuan anda. Misalnya saja anda terjebak di dalam kerusuhan di Negara yang sedang anda kunjungi. Sehingga akan lebih baik menghindari datang negara-negara yang sedang terlibat konflik.
  • Sakit sebelum melakukan perjalanan dan tetap nekat melakukan perjalanan tersebut, meskipun sudah diperingatkan oleh dokter. Alasannya sangat jelas karena anda mengabaikan saran dari dokter.
  • Hamil dan keguguran. Hal ini dikarenakan sebelum perjalanan tentunya anda sudah mengetahui resiko burukyang dapat terjadi ketika melakukan perjalanan dengan kondisi sedang hamil.
  • Terlibat dalam olahraga profesional. Misalnya saja anda sedang mengikuti kejuaran balapan mobil. Untuk hal tersebut, akan lebih baik anda menggunakan asuransi tersendiri untuk melindungi diri anda. Terlibat dalam event-event tertentu menjadi sebuah pengecualian bagi asuransi perjalanan.
Manfaat Asuransi Perjalanan
  • Perlindungan Diri dari Risiko Kecelakaan
Perlindungan ini meliputi penggantian uang seandainya terjadi risiko terhadap kematian, kehilangan anggota badan atau kelumpuhan total akibat musibah kecelakaan yang terjadi selama dalam perjalanan pesawat. Sejumlah uang akan dibayarkan untuk kematian, kehilangan anggota badan, atau kelumpuhan total akibat kecelakaan yang terjadi selama dalam perjalanan.

  • Perlindungan Ganda untuk Kecelakaan dalam Pesawat Terbang Komersil Terjadwal

Santunan untuk kecelakaan pribadi akan digandakan andai terjadi sesuai musibah kecelakaan pada saat berada di dalam pesawat terbang komersil terjadwal. Santunan untuk kecelakaan pribadi akan digandakan saat musibah kecelakaan terjadi pada saat berada di dalam pesawat terbang komersil terjadwal.

  • Pemulangan Jenazah Jika Terjadi Risiko Kematian
Asuransi bisa melindungi tertanggung untuk dua alternatif perlindungan meliputi: biaya pemulangan jenazah atau biaya kremasi atau penguburan di lokasi tempat kematian terjadi.

  • Perawatan Anak dan Kunjungan Duka Pada Satu Orang Kerabat atau Keluarga
Asuransi bisa memberikan penggantian biaya kunjungan duka atau selama perawatan yang diberikan pada satu orang kerabat atau keluarga, jika tertanggung menjalani perawatan selama perjalanan atau selama dirawat di luar negeri.

  • Evakuasi Medis
Asuransi perjalanan menawarkan fasilitas bantuan 24 jam keadaan darurat di seluruh dunia.

  • Perlindungan Bagasi dan Barang Pribadi
Seandainya terjadi kerugian yang ditimbulkan akibat kehilangan dan kerusakan bagasi Anda, termasuk barang-barang di dalamnya maupun barang yang Anda pakai selama perjalanan, maka asuransi perjalanan akan memberi ganti rugi jika ada keterlambatan bagasi lebih dari 12 jam.

  • Terkait Perjalanan
Andai Anda ikut program asuransi perjalanan, salah satu manfaat yang ditawarkan adalah perlindungan terhadap penundaan perjalanan yang biasanya keterlambatan transportasi lebih dari 12 jam, penggantian uang muka yang hangus akibat hal-hal yang di luar kekuasaan pemegang polis dan biaya akomodasi.

  • Perlindungan Rumah

Andai terjadi musibah misalnya kebakaran di rumah Anda, selama bepergian, maka asuransi perjalanan akan membayar kerusakan akibat kebakaran atas isi rumah tertanggung yang ditinggal kosong karena perjalanan yang dilakukan.

 

Berbagi via:

Vinnet.id Feed Xml FibNet Acc id PuVg ® Vnet Indonesia 2018-2020