Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan adalah sebuah jenis produk asuransi yang secara khusus menjamin biaya kesehatan atau perawatan para anggota asuransi tersebut jika mereka jatuh sakit atau mengalami kecelakaan. Secara garis besar ada dua jenis perawatan yang ditawarkan perusahaan-perusahaan asuransi, yaitu rawat inap (in-patient treatment) dan rawat jalan (out-patient treatment).

Produk asuransi kesehatan diselenggarakan baik oleh perusahaan asuransi sosial, perusahaan asuransi jiwa, maupun juga perusahaan asuransi umum.

Di Indonesia, PT Askes Indonesia merupakan salah satu perusahaan asuransi sosial yang menyelenggarakan asuransi kesehatan kepada para anggotanya yang utamanya merupakan para pegawai negeri baik sipil maupun non-sipil. Anak-anak mereka juga dijamin sampai dengan usia 21 tahun. Para pensiunan beserta istri ataupun suami juga dijamin seumur hidup.

Jenis-jenis asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan masih dibagi lagi menjadi beberapa jenis. Pembagian ini, berdasarkan pengelola dana hingga peserta yang ditanggung. Berikut jenis-jenis asuransi kesehatan berdasarkan cakupan dan pengertiannya masing-masing.

  • Berdasarkan pengelola atau kepemilikan perusahaan asuransi

Berdasarkan pengelola atau kepemilikan perusahaan, asuransi kesehatan dibagi menjadi dua, yakni pemerintah dan swasta.

Asuransi kesehatan yang pengelola dananya dimiliki oleh pemerintah, umumnya memiliki keuntungan berupa biaya kesehatan lebih mudah diawasi. Sayangnya, keuntungan ini tidak dibarengi dengan fasilitas dan pelayanan yang baik, sehingga seringkali pelayanannya kurang begitu maksimal.

Sedangkan asuransi kesehatan yang dikelola swasta, umumnya memberikan mutu dari pelayanan yang terbilang cukup bagus dan memuaskan. Meskipun begitu, asuransi kesehatan swasta biaya kesehatan tidak selalu dapat diawasi secara baik.

Kemudian pengelolaan perusahaan, pembagian asuransi berdasarkan keanggotaan juga dibagi menjadi dua jenis, yakni wajib dan sukarela.

Asuransi kesehatan wajib berlaku ketika seseorang ‘dipaksa’ untuk membeli dan memiliki asuransi kesehatan. Hal ini umumnya terjadi pada perusahaan atau pabrik yang memberlakukan asuransi kesehatan kumpulan. Polis dari asuransi ini dipegang oleh perusahaan dan dibeli untuk menjamin kesehatan para karyawan atau pegawainya. Pembayaran premi biasanya tidak dilakukan secara langsung, melainkan melalui potong gaji.

Sedangkan asuransi kesehatan sukarela, sering disebut sebagai asuransi individu merupakan asuransi yang polisnya dimiliki perseorangan tanpa terikat dengan badan apapun, serta atas kemauannya sendiri. Dalam asuransi jenis ini, siapapun bisa memilikinya sesuai dengan keinginannya sendiri atau dengan kata lain tanpa paksaan.

Setelah menetahui jenis Asuransi Keshatan kemudian dibagi Beberapa Manfaat Health Insurance atau Asuransi Kesehatan

 Bebeberapa Manfaat menurut pakar Asuransi.

  1. Terdiri dari 4 jenis manfaat perawatan atau program, yakni manfaat rawat jalan (outpatient), manfaat rawat inap (inpatient), manfaat persalinan manfaat perawatan gigi. Keempat manfaat tersebut akan menangung biaya jasa dokter, pembelian obat-obatan, rawat inap, serta tindakan operasi.
  2. Manfaat rawat inap atau inpatient mencakup fasilitas pertanggungan biaya rumah sakit, biaya laboratorium, biaya persalinan, serta biaya darurat (emergency service).
  3. Manfaat perawatan gigi, meliputi pelimpahan biaya untuk pencegahan, perawatan gigi dasar, perawatan gigi kompleks hingga pemasangan gigi palsu.
  4. Manfaat rawat jalan atau outpatient meliputi beban konsultasi dokter umum atau spesialis, obat yang menggunakan resep, biaya atas tindakan pencegahan, serta biaya alat-alat bantu yang dianjurkan oleh dokter. Dalam manfaat rawat jalan, terdapat batas maksimum penggunaan dana setiap tahunnya.
Berbagi via:

Vinnet.id Feed Xml FibNet Acc id PuVg ® Vnet Indonesia 2018-2020